Senin, 28 Mei 2012

PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)


PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
A.      PENDAHULUAN
Seperti yang telah dipaparkan pada pelajaran sebelumnya , komputer merupakan suatu perangkat mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen , yang saling bekerja sama sehingga membentuk suatu sistem kerja rapi dan teiti . sistem itu kemudian digunakan untuk menjalankan serangkaian tugas secara otomatis menurut instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya . jadi , komputer akan menjalankan fungsinya jika memiliki program dan software .

B.      PENGERTIAN , FUNGSI , DAN JENIS-JENIS SOFTWARE
Secara gharfiah software berarti piranti lunak ; perangkat lunak ; program komputer . istilah baku software dalam bahasa indonesia adalah perangkat lunak . software merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusikan oleh mesin komputer dalam pekerjaanya .

Untuk mencapai keinginanya tersebut dirancanglah suatu susunan logika yang diolah melalui perangkat lunak , yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya . pengelolaan pada software ini melibatkan beberapa hal , diantaranya adalah sistem operasi , program , dan data . software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer .

Dalam arti yang paling luas , software komputer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengoperasian . suatu acara yang ditayangkan oleh telvisi , dapat dianggap sebagai software dari suatu peralatan televisi . demikian pula halnya dengan musik yang telah direkam diatas kaset maupun compact disc (CD) , data diatas kertas, serta cerita aaupun uraian yang ada di dalam sebuah buku .

Software memiliki banyak fungsi bagi mesin komputer dan pengguna komputer . fungsi –fungsi software tersebuat antara lain :
1.       Mengidentifikasi program .
2.       Menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan komputer terkontrol .
3.       Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien .
    Pada umumnya software yang sering kita pakai dalam keseharian terbagi menjadi dua jenis software , yaitu software sistem operasi (operating system) dan software aplikasi (applications). Operating system merupakan software yang digunakan untuk mengoperasikan didalam sebuah lingkungan operating system untuk keperluan-keperluan tertentu , seperti pemrograman (programming) , office work , dan gaming (permainan).

        Berdasarka pembagian secara umum tersebut , secara khusus software sebenarnya terbagi menjadi lima jenis , yaitu :
1.       Sistem operasi (operating system)
2.       Alat bantu (utility)
3.       Bahasa pemrograman
4.       Routines (user program )
5.       Application package (package programs)

C.      SOFTWARE SISTEM OPERASI (OPERATING  SYSTEM)
Saat komputer petama kali dihidupkan , siistem operasilah yang pertama kali dijalankan . sistem operasi yang mengatur seluruh proses , menerjemahkan masukan , mengatur program tnternal , memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian . contoh sistem operasi yaitu DOS , Unix , Windows 95 , IBM OS/2 , dan Mac OS X.

1.       Pengertian sistem operasi (operating system)
    Sistem Operasi (operating system) merupakan bagian software yang sangat penting  . sistem yang merupakan kumpulan program ini mengontro dan mengatur seluruh kegiatan processing dalam sistem komputer . pada prinsipnya Operating system merupakan kumpulan dari program routine dan prosedur yang dibuat untuk menperkecil peranan pengguna komputer dalam sistem komputer dann untuk memperbesar efisien sistem tersebut .

   Sistem operasi dapat pula didefenisikan sebagai perangkat lunak yang bertndak sebagai perantara antara memakai komputer (user) dengan perangkat keras (hardware).

2.       FUNGSI SISTEM OPERASI (Operating System)
Sistem operasi (operating system) merupakan sistem software yang berfungsi untuk mengatur cara kerja komputer secara mendasar , seperti mengatur media-media input –proses-output ,mengatur tabel pengkodean , mengatur memory , serta mengatur penjadwalan processor . contoh : DOS , Microsoft Windows 3.1/95/98/2000/Me/XP/Vista, Windows NT , Novell , UNIX ,Lunix , Mac OS X , dan WMS .

Secara umum fungsi utama sistem operasi antara lain sebagai berikut .
a.       Sebagai manajemen proses yang mencakup penyiapan , penjadwalan , dan mpemantauan proses program yang sedang dijalankan .
b.      Sebagai manajemen sumber daya yang berkaitan dengan pengendaian terhadap perangkat lunak sistem/perangkat unak aplikasi yang sedang dijalankan . contoh sumber dayanya adalah komponen perangkat keras pada komputer seperti CPU , memori utama , dan alat input/output.
c.       Sebagi manajemen data , yaitu berupa pengendalian terhadap data masukan/keluaran .
Selain itu , sistem operasi juga mempunyai sarana untuk mengelola keamanan . ciri sistem operasi yang memiliki manajemen keamanan antara lain pemakai atau user memasukkan nama perangkat pemakai dan password (kata rahasia) sebelum mengakses komputer.

3.       MACAM SISTEM OPERASI (Operating System)
Operating system berkembag mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia . secara umum Operating System dibuat untuk jenis komputer tertentu antara lain sebagai berikut .
a.       Microsoft Windows untuk personal Computer (PC)
b.      VMS untuk DEC
c.       OS/2, AIX, OS/390 untuk IBM
d.      MacOS untuk apple Macintosh
e.      SunOS untuk sun Computers
f.        Palm OS untuk  PDA palmpilot .
g.       Microsoft Windows CE untuk palmtop NIX adalah induk Operating system yang mampu diimplementasikan untuk segala macam jenis mesin komputer yang ada hingga saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar